Contoh 40 SOAL PPG Kemenag Tahun 2023, Simak Soal Beserta Kunci Jawaban Latihan Pretest PPG Kemenag 2023

Contoh 40 SOAL PPG Kemenag Tahun 2023, Simak Soal Beserta Kunci Jawaban Latihan Pretest PPG Kemenag 2023

ilustrasi tes-StartupStockPhotos/pixabay-

25. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

Jawaban: A



26. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah…
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

Jawaban: B

27. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture



×

Jawaban: C

28. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :
1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan

Jawaban: D

29. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam Pencapaian standar kompetensi…
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan

Jawaban: D

30. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut…
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi, dan, mencipta.

Jawaban: D

31. Berikut yang bukan termasuk karakteristik siswa abad 21…
A. Keterampilan belajar dan inovatif
B. Berfikir kritis
C. Keahlian literasi digital
D. Kemampuan berinteraksi

Jawaban: D

32. Berikut merupakan pergeseran atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 kecuali…
A. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner
B. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri secara berkelanjutan
C. Mengubah paradigma dari professional teaching menjadi professional learning
D. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for learning

Jawaban: D

33. Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah…
A. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmiah, dan tergantung kepada fasilitator
B. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
C. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri
D. Belajar berdasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator

Jawaban: C

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm