50 Contoh dan Kunci Jawaban Soal Moderasi Beragam PPPK Kemenag Tahun 2023 CAT Beserta Indikator Terbaru
Ilustrasi -F1Digitals/pixabay-
Soal 20
Setelah melakukan analisis menggunakan iceberg analisis, yang menjadi “mental model” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. Regulasi dan program pemerintah belum responsif
B. Keberagamaan isu sensitif
C. Trend mayoritarianisme
D. Kelompok masyarakat yang beragama secara ekstrim dalam berbagai bentuk
E. Pendidikan agama kurang memperkuat keberagamaan yang moderat
Soal 21
Dari peristiwa yang ada pada teks di atas, dengan menggunakan iceberg analisis, yang menjadi “event” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. Persekutuan Gereja Kabupaten Jayapura menolak renovasi Masjid Agung
B. Trend spiritualitas
C. Tokoh agama kurang mampu bersaing
D. Pemda mengikuti tekanan kelompok mayoritas
E. Masih banyak prioritas lain
Soal 22
Setelah melakukan analisis menggunakan iceberg analisis, yang menjadi “pattern of behavior” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. Pendidikan agama kurang memperkuat keberagamaan yang moderat
B. Pemda mengikuti tekanan kelompok mayoritas
C. Media Sosial memberikan ruang untuk pesan ekstrim
D. Trend mayoritarianisme
E. Keberagamaan isu sensitif
Soal 23
Setelah melakukan analisis menggunakan iceberg analisis, yang menjadi “system structure” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. Trend spiritualitas
B. Masih banyak prioritas lain
C. Regulasi dan program pemerintah belum responsif
D. Beragama secara instan
E. Takut didemo
Untuk soal 24-27 menggunakan stimulus berikut:
Spanduk penolakan itu terpampang di tembok pinggir Jalan Kolonel Ahmad Syam, Kompleks IPB Baranangsiang IV. Isinya, pernyataan warga plus tokoh masyarakat Bogor Utara yang menolak pembangunan Masjid Imam Ahmad bin Hanbal di wilayah mereka di Kelurahan Tanah Baru. Alasannya, pihak masjid tidak melakukan sosialisasi atas rencana renovasi masjid itu. Setidaknya ada empat spanduk penolakan di dekat pembangunan masjid.
Di balik penolakan, ada sentimen keyakinan yang menyinggung warga ketika masjid itu menyiarkan dakwah. Warga kerap dinyatakan bid’ah karena melakukan kegiatan maulid Nabi, salawat, dan tawasul. “Menolak dengan tegas pembangunan dan keberadaan masjid Imam Ahmad bin Hanbal” tulis warga. “Sampai Kapan pun”. Muara penolakan bermula dari dakwah masjid Imam Ahmad bin Hanbal. Warga yang kebanyakan kaum Nahdliyin merasa tersinggung dengan isi dakwah yang kerap menyerempet akidah yang selama ini dijalani warga. Apalagi kebanyakan warga Bogor Utara sering melakukan tradisi maulidan termasuk ziarah kubur dan tawasulan. Alasan kebanyakan warga menolak masjid karena tidak menerima akidah mereka dinyatakan bid’ah. Dakwah salafi dari masjid tersebut bikin banyak warga tersinggung lantaran tradisi keagamaan warga kerap dianggap tidak sesuai dengan Alquran dan hadis. Menyimpan masalah sejak awal, Masjid Imam Ahmad bin Hanbal sudah 16 tahun berdiri di wilayah lingkungan RT 05/ RW 10 itu. Ketika pertama berdiri, warga juga sempat menyuarakan penolakan. Namun, belakangan sikap warga menjadi cair. Warga dan tokoh masyarakat memberikan izin berdirinya masjid tersebut atas dasar kesepakatan. Salah satu poin kesepakatan itu: dakwah masjid tidak menyenggol akidah yang selama ini dijalani warga, yakni tahlilan, ziarah kubur termasuk juga maulid nabi—tradisi keagamaan yang melekat pada kalangan Nahdlatul Ulama.
Masalah menjadi sensitif ketika ada rencana renovasi masjid pada Maret 2016. Masjid lama, yang dibangun pada 2001, dirobohkan untuk dibangun empat lantai. Momentum ini menjadi pengungkit warga yang sudah gelisah dengan isi ajaran dakwah dari masjid tersebut, mendorong warga melakukan penolakan dan akhirnya memasang sejumlah spanduk di lokasi pembangunan masjid. Warga yang tinggal di lingkungan paling dekat masjid sama sekali tak dimintai persetujuan. Penolakan warga sampai ke meja Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, politikus dari Partai Amanat Nasional. Pada Desember lalu warga beserta tokoh masyarakat Bogor Utara melakukan pertemuan di kantor Wali Kota bersama jemaah masjid Imam Ahmad bin Hanbal. Hasilnya adalah pembangunan masjid "dihentikan sambil melengkapi aspek teknis dan non-teknis."
Soal 24
Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “rethinking” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. merubah tren spritualitas instan
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. merubah Trend mayoritarianisme
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
Soal 25
Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “redesigning” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. merubah tren spritualitas instan
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. merubah Trend mayoritarianisme
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
Soal 26
Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “reframing” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. terjadi sikap ekstrimisme dalam beragama
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. mengubah trend mayoritarianisme menjadi kesetaraan
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
Soal 27
Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “reacting” dari peristiwa di atas adalah....
Pilihan jawaban
A. terjadi sikap ekstrimisme dalam beragama
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. mengubah trend mayoritarianisme menjadi kesetaraan
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
Soal 28
Islam memiliki konsep kehidupan yaitu Islam rahmatan lil alamin, yaitu ...
Pilihan jawaban
A. Ajaran Islam yang mendasar dan sekaligus menegakkan keseimbangan dalam penciptaan dan kesatuan kehidupan
B. Mencintai tanah air sebagian dari iman
C. Islam yang memberikan kedamaian dan menyebarkan nilai kasih sayang kepada seluruh alam
D. Ajaran Islam yang menyeluruh meliputi semua zaman, kehidupan, dan eksistensi manusia
E. Teladan yang baik bagi umat manusia
Soal 29
Berikut ini merupakan implementasi moderasi dalam level negara, antara lain ...
Pilihan jawaban
A. Kesiapan mengikuti semua petunjuk-Nya
B. Diberi mandat untuk memimpin dan mengelola bumi
C. Khalifah atau wakil Tuhan di bumi
D. Menciptakan kemashlahatan bersama
E. Menciptakan Sumber Daya Manusia yang moderat
Soal 30
Diskursus moderasi beragama di Indonesia dijabarkan dalam . . .
Pilihan jawaban
A. Moderasi Perkataan, Gerakan, dan Perbuatan
B. Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Perbuatan
C. Moderasi Pemikiran, Pemahaman, dan Perbuatan
D. Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Literasi
Soal 31
Islam rahmatan lil'alamin sebagai solusi dalam bernegara dan toleransi, kecuali...
Pilihan jawaban
A. Mengedepankan interen beragama
B. Mengokohkan bahwa ajarannya bersipat universal atau kebaikan untuk seluruh umat manusia, alam dan lingkungan
C. Berorientasi terhadap kemaslahatan, kebahagiaan dunia dan akhirat
D. Wahyu Ilahi (Al-Qur’an) sebuah gagasan yang sempurna tanpa kelemahan dan kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang dimanifestasikan dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlandaskan nilai Islam
Soal 32
Faktor penyebab radikal, kecuali...
Pilihan jawaban
A. Inklusif
B. Bacaan yang salah terhadap sejarah umat Islam yang dikombinasikan dengan idealisasi berlebihan terhadap umat Islam pada masa tertentu
C. Deprivasi politik, sosial dan ekonomi yang masih bertahan dalam masyarakat
D. Pemahaman keagamaan yang literal, sepotong-sepotong terhadap ayat-ayat Al-Quran
Soal 33
“Moderasi” dalam al-Qur`an disebut dengan wasathiyyah, diambil dari kata?
Pilihan jawaban
A. Tawazun
B. Ummatan islam
C. Khayr Ummah
D. ummatan wasathan
Soal 34
Di antara karakteristik ajaran Islam adalah al-washatiyyah (moderat) dan tawazun. Arti tawazun ialah?
Pilihan jawaban
A. Kemerdekaan
B. Kebersamaan
C. Keseimbangan
D. Kedinamisan
Soal 35
Dibawah ini merupakan contoh sikap moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari, kecuali..
Pilihan jawaban
A. Tidak membeda-bedakan teman yang berbeda agama
B. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan tidak baik dan benar
C. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain
D. Menghormati agama yang diyakini orang lain
Soal 36
Dikemukakan bahwa "Islam itu relevan untuk setiap zaman dan waktu".
Kalimat yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah...
Pilihan jawaban
A. Shalih laa zaman
B. Rojulun laa yadri wa laa yadri annahu laa yadri
C. Rojulun yadri wa yadri annahu yadri
D. Shalih li kulli zaman wa makan
Soal 37
Makna kandungan Al Quran surat Al hujurat 13 ?
Pilihan jawaban
A. Manusia diciptakan untuk saling mengenal baik laki-laki maupun perempuan
B. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakan
C. Rasulullah adalah nabi terakhir utusan Allah
D. Manusia harus mengingatkan dalam kesabaran dan kebaikan
Soal 38
Apa yang dimaksud dari sikap moderat ?
Pilihan jawaban
A. mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT
B. sesuatu hal yang sifatnya terbaru, sesuatu yang mutakhir
C. seseorang dalam golongan tengah dari spektrum politik sayap kiri-kanan
D. mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu
Soal 39
Berikut adalah sikap Moderasi Beragama...
Pilihan jawaban
A. seruan atas nama jihad agama untuk mengkafirkan sesama, bahkan boleh membunuh, menghunus pedang, memenggal kepala, dan menghalalkan darahnya
B. orang yang atas nama agama ingin mengganti ideologi negara, yang sudah menjadi kesepakatan bersama bangsa kita
C. cara pandang beragama dalam kehidupan bersama, dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama - yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum, berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa
D. orang yang tidak sungguh-sungguh dalam menjalankan atau mengamalkan ajaran agamanya