Kumpulan SOAL UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawaban, Simak Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Tahun 2023

Kumpulan SOAL UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawaban, Simak Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Tahun 2023

soal-soal-pixabay-



21. Berikut hal-hal yang dapat dinilai dari buku yang diresensi, kecuali .....
A. Jumlah buku
B. Penggunaan bahasa
C. Data buku
D. Kelebihan buku
E. Kekurangan buku

Jawaban: A

22. Mengulas sebuah karya harus disertai dengan sikap .....
A. Kritis       D. Acuh tak acuh
B. Malas       E. Sembrono
C. Subjektif

Jawaban: A

23. Berikut unsur identitas atau data buku, kecuali .....
A. Judul buku     D. Tebal/halaman buku
B. Penulis buku  E. Nama penerbit
C. Sinopsis



Jawaban: C

24. Istilah drama berasal dari bahasa Yunani, draomai yang berarti .....
A. Melihat          D. Berbuat
B. Menonton      E. Pementasan
C. Memeragakan

Jawaban: D

25. Orang yang memperagakan cerita dalam sebuah drama disebut .....
A. Aktor           D. Prosedur
B. Penata rias   E. Staf
C. Sutradara

Jawaban: A

26. Kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita, yang biasanya disampaikan oleh dalang atau tokoh tertentu adalah .....
A. Prolog  D. Orientasi
B. Dialog  E. Komplikasi
C. Epilog



×

Jawaban: A

27. Dalam drama, alur, penokohan, tema, dan amanat termasuk unsur-unsur .....
A. Karakteristik  D. Intrinsik
B. Kharismatik   E. Penunjang
C. Ekstrinsik

Jawaban: D
28. Tokoh drama yang selalu menentang arus cerita disebut .....
A. Tokoh antagonis   D. Tokoh protagonis
B. Tokoh tritagonis    E. Tokoh sentral
C. Tokoh pembantu

Jawaban: A

29. Keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana di dalam naskah drama disebut .....
A. Alur   D. Latar
B. Plot   E. Penokohan
C. Tema

Jawaban: D

30. Pesan yang ingin disampaikan pengarang dalam naskah drama disebut .....
A. Alur               D. Penokohan
B. Setting/latar   E. Plot
C. Amanat

Jawaban: C

31. Bagian akhir cerita yang menggambarkan akhir sebuah cerita dalam drama disebut .....
A. Prolog  D. Orientasi
B. Dialog  E. Komplikasi
C. Epilog

Jawaban: C

32. Menilai suatu karya sastra dengan mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan kepada khalayak tentang perlu tidaknya karya tesebut dibaca adalah pengertian dari .....
A. Drama         D. Puisi
B. Karya ilmiah E. Resensi
C. Proposal

Jawaban: E

33. Bagian yang berisi tentang konflik dan pengembangannya, gangguan, halangan, dalam mencapai tujuan atau kekeliruan yang dialami tokoh utamanya disebut .....
A. Orientasi     D. Epilog
B. Komplikasi   E. Prolog
C. Resolusi

Jawaban: B

34. Drama yang ceritanya penuh dengan kesedihan adalah .....
A. Tragedi    D. Komedi
B. Force       E. Sendratari
C. Melodrama

Jawaban: C

35. Cermati naskah drama berikut!
Ibu : “Jun, mau dibawa ke mana kura-kura itu?”
Jun : “ke sungai.”
Ibu : “ .....”
Ayah : ”karena kura-kura sebaiknya hidup di alam bebas.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah .....
A. Memang ini hari hari apa ya?
B. Aku ikut, boleh tidak?
C. Ke sungai mana kau pergi?
D. Mengapa tidak besok saja?
E. Mengapa dibawa ke sungai?

Jawaban: E

36. Perhatikan teks berikut ini!
Boleh-boleh saja ikut arus. Akan tetapi, tetap ingat juga tempat kita berpijak agar identitas bangsa tidak hilang. Siapa lagi yang akan mengemban pesan dan peninggalan nenek moyang dan leluhur bangsa kalau bukan kita sendiri. ya, kan? Kita tahu dan sadar bahwa Indonesia kita tercinta ini punya ragam kebudayaan yang sangat kaya. Setiap provinsi dan suku bangsa mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain, juga latar belakang budaya yang berbeda. Masing-masing provinsi memiliki bentuk penampilan, mempunyai keunikan yang sangat indah, kaya akan warna, bentuk, detail-detail, dan ornamen-ornamen unik dan penuh identitas kedaerahan. Tentunya semua itu tidak akan pernah dan tidak boleh dilupakan hanya karena ingin ikut arus gaya minilnalis.

Dalam teks prosedur, kutipan tersebut termasuk bagian .....
A. Tujuan              D. Alat dan Bahan
B. Langkah            E. Pernyataan umum
C. Penegasan ulang

Jawaban: A

37. Identitas buku merupakan salah satu bagian dari struktur resensi. Identitas buku terdiri atas .....
A. Judul buku, sampul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, tebal, kata pengantar, dan harga buku
B. Judul buku, jenis buku, halaman, sampul buku, kata pengantar, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan cetakan
C. Judul buku, jenis buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, tebal, dan harga buku
D. Judul resensi, sampul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, tebal, kata pengantar, harga buku
E. Judul resensi, jenis buku, sampul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, kata pengantar, dan harga buku

Jawaban: C

38. Melalui sebuah resensi, peresensi dapat merekomendasikan sebuah karya yang telah diulasnya kepada pembaca atau penonton. Rekomendasi tersebut sangat penting untuk seseorang yang belum membaca atau menonton karya tersebut. Alasan pentingnya sebuah rekomendasi adalah .....
A. Membuat pembaca ingin membaca resensi yang telah dibuatnya
B. Menginformasikan kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada karya yang terlah diulas
C. Mengajak pembaca untuk membeli buku yang telah diresensi
D. Menghibur dan meningkatkan daya imajinasi pembaca tentang karya yang diulas
E. Meyakinkan orang lain bahwa hal yang direkomendasikan tersebut layak dan tepat

Jawaban: E

39. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan karya ilmiah adalah .....
A. Serangkaian pemikiran seseorang yang terangkum dalam tulisan bernama karya ilmiah
B. Hasil penelitian atau pengkajian yang tertuang dalam laporan tertulis yang berisi narasi fiksi
C. Karya ilmiah berisi fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya
D. Karya ilmiah berisi gagasan ilmiah yang memiliki alur tidak beraturan
E. Karya ilmiah berisi pemaparan dari hasil penelitian saja

Jawaban: C
40. Penulisan daftar pustaka yang tepat untuk karya tulis ilmiah berjudul Hubungan Kebahagiaan di Sekolah dengan Prestasi Belajar yang ditulis oleh Andina, Dosep, Indri Widianti, dan Legiana Zahra, diterbitkan oleh Kita Media, di Surabaya, tahun 2021 adalah .....
A. Zahra, Legiana, dkk. 2021. Hubungan Kebahagiaan di Sekolah dengan Prestasi Belajar. Surabaya: Kita Media.
B. Andina, Dosep, Indri, Legiana, dkk. 2021. Hubungan Kebahagiaan di Sekolah dengan Prestasi Belajar. Surabaya: Kita Media.
C. Dosep, dkk. 2021. Hubungan Kebahagiaan di Sekolah dengan Prestasi Belajar. Surabaya: Kita Media.
D. Legiana Zahra dkk. 2021. Hubungan Kebahagiaan di Sekolah dengan Prestasi Belajar. Surabaya: Kita Media.
E. Indri, Widianti, dkk. 2021. Hubungan Kebahagiaan di Sekolah dengan Prestasi Belajar. Surabaya: Kita Media.

Jawaban: C

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm