Unduh PDF 50 Kumpulan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 Beserta Kunci Jawaban, Simak Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Tahun 2023

Unduh PDF 50 Kumpulan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 Beserta Kunci Jawaban, Simak Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Tahun 2023

Ilustrasi kerja-megan_rexazin/pixabay-

 

11. (1) Kita bisa melihat saat ini, telepon seluler tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga hampir semua umur telah menggunakan telepon seluler. (2) Bahkan, anak-anak yang masih sekolah di TK sudah menggunakan telepon seluler. (3) Kita juga bisa melihat banyak kecelakaan terjadi di jalan raya yang disebabkan oleh telepon seluler. (4) Penggunaan telepon seluler saat berkendara inilah yang menyebabkan kecelakaan. (5) Oleh karena itu, kita harus melarang pengemudi menggunakan telepon seluler saat mengemudi.

Konjungsi antarkalimat ‘penguatan’ dalam paragraf tersebut ditunjukkan kalimat nomor
A. 1   D. 4
B. 2   E. 5
C. 3



Jawaban: B

12. Perhatikan Kutipan debat berikut! Terkait dengan pelanggaran di masa PSBB transisi adalah melonjaknya jumlah penderita Covid-19 yang memerlukan perawatan di RS. Peningkatan kasus aktif ini tidak dibarengi kapasitas kesehatan, seperti kecukupan jumlah kamar isolasi dan ruang rawat ICU yang memadai ..... , jumlah fasilitas perawatan yang tersedia saat ini semakin penuh terisi dan mendekati ambang batas. Ciri-ciri penderita Covid-19 semakin hari semakin bervariasi yakni disertai dengan kompleksitas penyakit lain, ..... , rentang usia penderita Covid-19 didominasi usia lanjut. Jumlah penderita Covid-19 pada ibu hamil dan anak-anak semakin hari semakin meningkat. Tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia, tetapi juga tersebar di beberapa provinsi ..... , dengan fakta di lapangan diperlukan adanya evaluasi terhadap kebijakan pelonggaran PSBB lebih efektif atau justru merugikan.
A. Selain itu, oleh karena itu, bahkan
B. Selanjutnya, selain itu, oleh sebab itu
C. Akan tetapi, sebaliknya, dengan demikian
D. Meskipun demikian, tambahan pula, malahan
E. Dengan demikian, selain itu, oleh karena itu

Jawaban: B



13. Dengan adanya biografi, kita dapat menemukan hubungan, sebuah mistri yang melingkupi hidup seseorang, dan penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya. Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan bahwa biografi adalah .....
A. Buku yang di dalamnya menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang.
B. Buku tentang kisah manusia.
C. Buku keindahan alam
D. Buku tentang kejadian indah yang dirasakan seseorang
E. Buku yang di dalamnya menceritakan kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain

Jawaban: E

14. Berikut di bawah ini yang tidak termasuk ciri-ciri teks biografi adalah .....
A. Memberikan pengetahuan perjalanan hidup seorang tokoh
B. Sebagai pelajaran dari kehidupan tokoh tersebut
C. Pembaca dan penulis dapat mencontoh tokoh tersebut
D. Sebagai laporan hasil penelitian
E. Berisi data pribadi terpercaya

Jawaban: D

15. Teks biografi termasuk jenis teks narasi dan memiliki tiga struktur. Berikut sistematika struktur teks biografi yang tepat adalah .....
A. Orientasi, peristiwa penting, reorientasi
B. Peristiwa penting, orientasi, reorientasi
C. Reorientasi, orientasi, peristiwa penting
D. Pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
E. Tesis, argumentasi, kesimpulan

Jawaban: A

16. Muhammad Yamin dilahirkan di Sawahlunto, Sumatra Barat tanggal 23 Agustus 1903. Ia menikah dengan Raden Ajeng Sundari. Ketika kecil, M. Yamin belajar pendidikan adat dan agama hingga tahun 1914. Di zaman penjajahan, ia termasuk orang yang beruntung karena dapat menikmati pendidikan menengah dan tinggi. Kutipan paragraf tersebut termasuk dalam struktur teks biografi .....
A. Orientasi                 D. Identifikasi
B. Peristiwa penting      E. Argumentasi
C. Reorientasi

Jawaban: A

17. KH. Abdul wahab Hasbullah (Mbah wahab) adalah salah satu tokoh pendiri Organisasi terbesar didunia Nahdlatul Ulama dan juga pendiri Gerakan Pemuda Ansor. Mars Ya lal wathon yang saat ini banyak dikenal orang ternyata juga buah karya beliau. Beliau sosok Ulama yang multi talenta, sangat cerdas dan pemikiranya jauh melampui kebanyakan orang ..... Perannya di semua lini kehidupan, politik, budaya, agama menjadikannya sebagai kyai multikultural yang menjadi tokoh simbol perjuangan anak bangsa.

Kutipan teks tersebut termasuk dalam struktur teks biografi .....
A. Orientasi                D. Argumentasi
B. Peristiwa penting     E. Identifikasi
C. Reorientai

Jawaban: A

18. Sepulang dari Mekkah 1914, Wahab, tidak hanya mengasuh pesantrennya di Tambakberas, tetapi juga aktif dalam pergerakan nasional. Ia tidak tega melihat kondisi bangsanya yang mengalami kemerosotan hidup yang mendalam, kurang memperoleh pendidikan, mengalami kemiskinan serta keterbelakanagan yang diakibatkan oleh penindasan dan pengisapan penjajah. Melihat kondisi itu, pada tahun 1916 ia mendirikan organisasi pergerakan yang dinamai Nahdlatul Wathon (kebangkita negeri), tujuannya untuk membangkitkan kesadaran rakyat Indonesia. Untuk memperkuat gerakannya itu, tahun 1918 Wahab mendirikan Nahdlatut Tujjar (kebangkitan saudagar) sebagai pusat penggalangan dana bagi perjuangan pengembangan Islam dan kemerdekaan Indonesia.

Kutipan biografi tersebut, termasuk dalam struktur .....
A. Orientasi                D. Identifikasi
B. Peristiwa penting    E. Argumentasi
C. Reorientasi

Jawaban: B

19. Bacalah kutipan biografi berikut!

Semasa mahasiswa, Taufiq Ismail aktif dalam berbagai kegiatan. Tercatat, ia pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa FKHP UI (1960-1961) dan Wakil Ketua Dewan Mahasiswa (1960-1962). Ia pernah menjadi guru bahasa di SMA Regina Pacis, Bogor (1963-1965), guru ilmu Pengantar Peternakan di Pesantren Darul Fallah Ciampe (1962) dan asisten dosen Manajemen Peternakan, Fakultas Peternakan UI dan IPB (1961-1964). Karena menandatangani Manifes Kebudayaan yang dinyatakan terlarang oleh Presiden Soekarno, ia batal melanjutkan studi ke Univeristas Kentucky dan Florida. Kemudian, ia diberhentikan sebagai pegawai negeri pada tahun 1964.

Peristiwa yang tidak diungkapkan dalam bacaan tersebut tentang Taufiq Ismail adalah .....
A. Taufiq Ismail sebagai tokoh penyair Angkatan ‘66
B. Taufiq Ismail aktif dalam kegiatan kemahasiswaan
C. Taufiq Ismail pernah menjadi guru di SMA Regina Pacis
D. Taufiq Ismail pernah menjadi asisten dosen di IPB
E. Taufiq Ismail diberhentikan sebagai pegawai negeri

Jawaban: A

20. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1) Saat kuliah di Universitas Cokroaminoto. Ia bergabung dengan Teater Muslim yang dipimpin Mohammad Diponegoro.
2) Teaternya akrab dengan publik karena ia memasukkan unsur-unsur lenong, stanbul, boneka (marionet), wayang kulit, wayang golek dan melodi pesisir sehingga Arifin dikenal sebagai pembela kaum miskin.
3) Arifin kemudian berkiprah di dunia layar perak sebagai sutradara dan pada film Pemberang ia dinyatakan sebagai penulis skenario terbaik pada Festival Film Asia tahun 1972 dan mendapat piala The Golden Harvest.
4) Semasa sekolah, ia bergabung dengan Lingkaran Drama Rendra dan menjadi anggota Himpunan Sastrawan Surakarta
5) Arifin C. Noer adalah anak kedua Mohammad Adnan yang lahir di Cirebon pada tanggal 10 Maret 1941.
6) Kemudian, ia hijrah ke Jakarta dan mendirikan Teater Kecil pada tahun 1968.

Urutan tepat kalimat-kalimat acak tersebut menjadi teks biografi yang runtut adalah .....
A. 5) - 6) - 1) - 2) - 4) - 3)
B. 5) - 4) - 1) - 6) - 2) - 3)
C. 5) - 3) - 4) - 1) - 2) - 6)
D. 5) - 2) - 4) - 1) - 3) - 6)
E. 5) - 1) - 3) - 2) - 4) - 6)

Jawaban: B

21. Biografi berikut untuk soal nomor 21 dan 22

Dalam menjalani tugasnya, baik pada zaman Belanda, zaman Jepang, maupun zaman republik, Armijn Pane sering menyaksikan “peristiwa tidak beres” yang menusuk hati nuraninya. Ketika ia menjadi Kepala Bagian Kesastraan di Pusat Kebudayaan Jepang oleh armada Sekutu di sekitar Morotai Maluku, Jepang meminta Armijn agar membuat berita. Karena Armijn seorang yang jujur dan tidak pernah mengubah fakta, dibuatnya laporan apa adanya. Akibatnya, ia haus berhadapan dengan kempetai (satuan polisi militer Jepang). Ia menderita lahir dan batin karena perlakuan kasar kempetai. Perlakuan kasar itu merupakan salah satu pengalaman pahitnya yang menyebabkan dirinya terkena pukulan batin terus-menerus dalam pekerjaannya.

Keteladanan dalam diri Armijn Pane adalah .....
A. Sabar dan tabah menghadapi perlakuan kasar kempetai
B. Berani menulis berita sesuai dengan pendapatnya
C. Seorang yang jujur dan tidak pernah mengubah fakta
D. Berhasil saat menjabat Kepala Bagian Kesastraan
E. Berusaha netral dalam melihat peristiwa yang tidak beres

Jawaban: C

22. Peristiwa yang membuat batin Armijn Pane terpukul terus-menerus adalah .....
A. Menjalani tugas pada zaman Belanda
B. Ditunjuk sebagai Kepala Bagian Kesastraan
C. Diminta Jepang membuat berita
D. Mendapat perlakuan kasar kempetai
E. Menulis berita sesuai keinginan Jepang

Jawaban: D

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya