5 Nama Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Ini Berasal dari Singkatan, Ciamis dan Tasikmalaya Kepanjangannya Apa?

5 Nama Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Ini Berasal dari Singkatan, Ciamis dan Tasikmalaya Kepanjangannya Apa?

Jawa Barat -map data 2022/google map-

 

Beberapa nama kota ini ternyata memilki kepanjangan unik yang berasal dari sejumlah nama dari sejarah yang berbeda-beda. Hal ini bisa dilihat dari dua kata dari sejumlah daerah di Jawa Barat seperti Cianjur dan Sukabumi. 

Selain itu, ada sejumlah daerah lainnya yang ternyata masuk dan menjadi nama kepanjangan yang unik dan tidak biasa. Misalnya dalam nama Cianjur yang mengkisahkan sebuah cerita mengenai kisah Pak Kikir yang sangat sulit untuk menerima dan pelit. Sejumlah daerah lainnya juga hadir dengan sejarah unik lainnya. 



1. Cianjur 

Kota Cianjur ini masuk dan menjadi salah satu nama desa yang cukup unik. Nama ini hadir dengan cerita mengenai hal yang akan terjadi pada Pak Kikir yang ternyata memilki sejumlah harta namun tidak mau membagikannya.

Kemudian datang seorang nenek dan anak Pak Kikir yang baik ini memutuskan untuk memberikan sang nenek makanan, namun pak Kikir tidak. Sang nenek tahu akan adanya panggilan banjir dan meminta sang anak untuk pergi, namun sayang Pak Kikir justru sebaliknya hanya akan menjaga hartanya dan tenggelam. 



×

Hingga akhirnya muncul kata ci yang artinya air dan anjur yang artinya anjuran. 

2. Sukabumi 

Sukabumi ini masuk dan menjadi salah satu wilayah bekas jajahan Belanda. Saat itu, Belanda tengah membuat surat bagi penjajah Belanda dan menuliskan tempat singgahannya dengan sebutan 'soeka boemi' karena kawasannya yang sejuk dan indah. 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm