Pengen Buka Usaha? Daftar Wilayah dengan UMKM Canggih di Indonesia, Ada di Kota dan Daerah Mana?

Pengen Buka Usaha? Daftar Wilayah dengan UMKM Canggih di Indonesia, Ada di Kota dan Daerah Mana?

UMKM Digital--

SITNAS.id - Berdasarkan East Ventures Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2022, UMKM di Pulau Jawa memiliki tingkat adopsi digital tertinggi di Indonesia dengan skor 49 dari 100 poin.

Tingkat adopsi digital yang dimaksud dalam laporan ini mengacu pada pemanfaatan internet untuk berbisnis melalui website atau e-commerce. Ini berarti UMKM tersebut sudah lebih modern dan canggih dibandingkan UMKM pada umumnya.



Baca juga: Teknologi Makin Canggih dan Kompetitif! Mana Wilayah dengan Daya Saing Digital Tertinggi? Bukan di Jawa Timur dan Yogyakarta

Baca juga: Spoiler Bleach: Thousand-Year Blood War Episode 12: Keputusan Uryu dan Kebenaran Kematian Ibu Ichigo, Cek Preview dan Jadwal Tayang

Baca juga: Kontroversi Song Hye Kyo Disebut Tua hingga Diduga Minta Hapus Poster The Glory Akibat Menerima Banyaknya Kritikan, NETFLIX Buka Suara?



×

Bali dan Nusa Tenggara berada di posisi kedua dengan skor 22 poin, diikuti Sumatra 21 poin, Kalimantan 19 poin, Sulawesi 14 poin, dan Maluku dan Papua dengan skor terendah sebesar 10 poin.

East Ventures (EV) menyebutkan bahwa kondisi geografi unik Indonesia menjadi tantangan bagi penyediaan koneksi internet yang mumpuni bagi UMKM yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Akibatnya, hal ini menyebabkan hambatan dalam proses adopsi digital, khususnya bagi UMKM di wilayah Indonesia yang kurang berkembang.

Baca juga: Wilayah Penduduk Terpadat di Surabaya, Bukan di Gubeng dan Tambaksari, Dimana Tempat Tinggalmu?

Baca juga: TAMAT! Nonton Anime Fuufu Ijou, Koibito Miman Episode 12 Sub Indo, Rilis Hari Ini Minggu, 25 Desember 2022 Selain Anoboy

Baca juga: Timnas Indonesia Siap Hadapi Thailand di Kandang, Stadion GBK, Berapa Harga Tiket AFF 2022? Daftar Harga Lengkap Mulai Rp 90 Ribu

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm