Masakan Tengkleng Kepanjangannya Apa? Inilah 6 Makanan Khas Jawa Tengah yang Berasal dari Singkatan dan Asal Usulnya, Jangan-Jangan Baru Tahu?

Masakan Tengkleng Kepanjangannya Apa? Inilah 6 Makanan Khas Jawa Tengah yang Berasal dari Singkatan dan Asal Usulnya, Jangan-Jangan Baru Tahu?

Masakan Tengkleng Kepanjangannya Apa? Inilah 6 Makanan Khas Jawa Tengah yang Berasal dari Singkatan dan Asal Usulnya, Jangan-Jangan Baru Tahu?-Sunday133 /PIXABAY-

1.Lumpia

Makanan khas Semarang, Jawa Tengah ini pada dasarnya merupakan makanan yang di bawah  oleh orang Tionghoa asli.

Lumpia sendiri berasal dari dialek Hokkian Tionghoa “lum” dan “pia”. Kedua istilah ini digabungkan tanpa spasi untuk membentuk lumpia



Istilah "lum" sendiri berarti lunak, sedangkan "pia" berarti kue. Makanan ini begitu terkenal di Semarang.

2.Gudeg

Banyak orang mengira bahwa makanan Gudek berasal dari Yogyakarta. Padahal makanan ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Mataram sebelum terpecah belah.

Di Solo Anda akan menemukan banyak penjual Gudeg. Hal ini tidak mengherankan mengingat Solo dan Yogyakarta merupakan dua wilayah yang dulunya merupakan satu kerajaan.



×

Gudeg berasal dari kata “hangudek” yang artinya “mengaduk”. Istilah itu disingkat menjadi "gudeg". Nama tersebut berasal dari proses pembuatannya, yang terus diaduk.

Baca juga: Suami Pengganti 30 Desember 2022 Episode 295 di ANTV: Mengapa Ariana Mengucapkan Perpisahan pada Saka dan Galvin? Akankan Tamat?

Baca juga: Innalillahi Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun Karena Kanker Usus Besar Hingga Kegagalan Organ

Baca juga: Berikut Peryataan Resmi Rumah Sakit Tentang Meninggalnya Pele Legenda Sepak Bola Brazil

3.Tengkleng

Tengkleng adalah makanan terakhir dari Jawa Tengah yang namanya berasal dari singkatan.

Nama Tengklen berasal dari singkatan "klen, engkleng, engkleng".yang merupakan sebuah bunyi atau kebisingan yang disebabkan oleh benturan piringan dan tulang kambing.

Dari bunyi "klen, engkleng, engkleng" itu kemudian disingkat menjadi "tengkleng" untuk menamai masakan tersebut.

Ada sate kere dan Tahu Kupat, berasal dari singkatan apa? cek pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm